Tips: Menjaga Postur Tubuh dan Posisi Duduk Selama WFH

14 Januari 2021, 09:00 WIB
Penulis: Nizar Galang
Editor: Aditya Fahmi Nurwahid
Cover Skortips: Menjaga Postur Tubuh dan Posisi Duduk Selama WFH /(M Yusup/Skor.id)

 

  • American Posture Institute dan riset yang dilakukan di Jepang, postur tubuh yang salah dapat menyebabkan kelelahan, sakit punggung, sakit di area tubuh bagian atas, pegal di bagian lengan, dan sakit kepala.
  • Posisi duduk yang baik dapat mengindari pegal-pegal dan sakit kepala.
  • Selain itu, melakukan perenggangan setiap jam juga perlu untuk meregangkan otot-otot yang tegang.

SKOR.id - Pandemi virus corona yang berkepanjangan menuntut semua kalangan lebih menghabisi aktivitas dirumah atau yang lebih dikenal dengan work from home (WFH).

Para pekerja pemerintahan, olahragawan hingga buruh menjadi dampaknya untuk menyelesaikan tanggung jawabnya di rumah.

Tentu hal ini merujuk pada kebiasaan duduk terlalu lama di depan komputer atau laptop. Namun jika duduk seharian dengan postur tubuh yang buruk setiap hari, kebiasaan ini dapat menimbulkan berbagai penyakit. 

Menurut American Posture Institute dan riset yang dilakukan di Jepang, postur tubuh yang salah dapat menyebabkan kelelahan, sakit punggung, sakit di area tubuh bagian atas, pegal di bagian lengan, dan sakit kepala.

Charlotte Sayers, seorang fisioterapis dari New York, mengungkap bahwa banyak orang mengeluh soal sakit punggung atau lower back pains, khususnya sejak bekerja di rumah.

Dilansir dari Greatist penyebabnya adalah durasi duduk yang lebih lama, dan tubuh mereka tidak seaktif biasanya. Pada dasarnya punggung tidak suka berdiam dalam satu postur selama berjam-jam, khususnya dalam posisi duduk.

Skortips akan memberikan pengetahuan beberapa cara untuk menjaga postur tubuh dan posisi duduk selama Working From Home (WFH).

Berikut tips untuk postur tubuh agar aktivitas duduk menjadi lebih nyaman :

1. Memberikan bantalan di area bawah punggung

Duduklah dengan posisi bokong menempel ke punggung kursi. Lalu, tempatkan bantal kecil yang keras di lekukan tulang belakang bagian bawah.

2. Tentukan posisi dagu dengan benar

Untuk mencegah pegal dan sakit kepala, posisikan layar komputer di hadapan wajah, alias eye level. Jangan membiasakan posisi dagu yang menengadah ke atas juga, karena ini bisa menimbulkan rasa sakit di tulang belakang leher.

3. Tekuk siku dengan posisi 90 derajat

Idealnya ketinggian meja kerja dan kursi harus menempatkan lengan dan siku untuk menekuk sebanyak 90 derajat.

4. Perbaiku posisi pundak

Kebanyakan orang seringkali duduk dengan pundak yang membungkuk, dan kebiasaan ini dapat menimbulkan sakit di area tulang belakang dan punggung. Putar pundak ke arah bawah, kemudian dorong ke belakang sampai kamu dapat merasa pergerakan otot di bagian atas punggung.

5. Tekuk lutut sebanyak 90 derajat dengan telapak kaki yang rata dengan lantai

Duduk dalam posisi tegak menjadi semakin susah jika kaki tidak ditempatkan secara rata di permukaan lantai, maka hindari kebiasaan mengangkat satu kaki atau melipat kaki jika tidak ingin otot tertarik atau pegal. Oleh karena itu, kaki berfungsi sebagai fondasi untuk postur tubuh yang baik. 

6. Melakukan gerakan pemanasan atau streching

Meskipun sudah bisa duduk dengan postur tegap sepanjang hari, perlu diingat bahwa tubuh tidak dirancang untuk duduk selama 8 jam setiap hari. Berdiri setiap jam dapat membantu meregangkan otot dan menggerakkan sendi, dan jangan lupa untuk stretching.

Ikuti juga InstagramFacebook, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita lainnya:

Ini Menu Latihan Brutal Dustin Poirier demi Kalahkan Conor McGregor, Berani Coba?

Totalitas SneX Mendukung PSIS Semarang

  • Sumber: Skor.id
  • Tag

    Video

    Komentar

    Terbaru

    Olahraga Lain

    Jumat, 22 Januari 2021

    Jepang Bantah Isu Pembatalan Olimpiade Tokyo, Vaksin Covid-19 Jadi Harapan

    Panitia lokal Olimpiade Tokyo di Jepang menegaskan bahwa persiapan turnamen terus berjalan.

    Olahraga Lain

    Rabu, 20 Januari 2021

    Ketum KONI Pusat Ajak Pemangku Kebijakan Mencari Solusi agar Kompetisi Olahraga Berjalan

    Ketum KONI Pusat, Marciano Norman, bakal mengumpulkan para pemangku kepentingan olahraga di Indonesia.

    Olahraga Lain

    Rabu, 20 Januari 2021

    Jadwal Siaran Langsung Olahraga di TV Hari Ini

    Berikut ini adalah jadwal siaran langsung olahraga di TV untuk hari Rabu (20/1/2021) hingga Rabu dini hari WIB.

    Olahraga Lain

    Jumat, 15 Januari 2021

    6 Pemain Idola Fajar Alfian di Persib Bandung

    Fajar Alfian mengaku mengidolakan Zaenal Arif dan Atep, serta empat pemain Persib Bandung yang lain.

    Olahraga Lain

    Jumat, 15 Januari 2021

    Kerja Sama dengan Skor Indonesia, Genesa Sports Hadirkan Pilihan Unik untuk Komunitas Olahraga

    Kerja sama ini adalah bagian dari misi kedua pihak untuk mengembangkan komunitas olahraga di Indonesia.

    Olahraga Lain

    Jumat, 15 Januari 2021

    Jepang Darurat Covid-19, Atlet Asing Dilarang Datang

    Larangan atlet asing memasuki Jepang akan berlaku hingga 7 Februari 2021.

    Olahraga Lain

    Jumat, 15 Januari 2021

    Lewati Target Realisasi Anggaran Tahun 2020, Menpora RI Dapat Apresiasi Komisi X DPR RI

    Kemenpora berhasil memberikan capaian yang bagus dalam merealisasikan anggaran tahun 2020.

    Olahraga Lain

    Kamis, 14 Januari 2021

    Tips: Menjaga Postur Tubuh dan Posisi Duduk Selama WFH

    Postur tubuh yang salah dapat menyebabkan kelelahan, sakit punggung, kepala, sakit di area tubuh bagian atas, dan pegal di bagian lengan.

    Olahraga Lain

    Rabu, 13 Januari 2021

    Women 10K Kembali Peringati Hari Perempuan International dengan Virtual Run

    Women's 10K virtual run akan kembali meyelenggarakan acara tersebut untuk merayakann Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret 2021.

    Olahraga Lain

    Rabu, 13 Januari 2021

    Puan Maharani, Sandiaga Uno, hingga Erick Thohir Dinilai Pantas Duduki Kursi Satu PB PASI

    Enam nama dinilai pantas menduduki kursi satu PB PASI, dalam diskusi “PASI Mencari Figur Ketua Umum di Era Pandemi 2021”

    Terpopuler

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X