Tim Review Kemenpora Tegaskan Data Prestasi Jadi Acuan Keberangkatan 31 Cabor ke SEA Games 2021

9 April 2022, 17:40 WIB
Penulis: Nizar Galang
Editor: Lily Indriyani
Ketua tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Prof. Dr. Moch. Asmawi.
Ketua tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Prof. Dr. Moch. Asmawi. /dok. Kemenpora

  • Ketua tim review PPON Kemenpora, Prof. Dr. Moch. Asmawi menjelaskan perihal pemilihan 31 cabor untuk SEA Games 2021.
  • Keputusan memberangkatkan 31 cabor merupakan hasil review data dan rekam jejak prestasi masing-masing.
  • SEA Games XXXI/2021 di Hanoi, Vietnam, akan digelar 12-23 Mei 2022.

SKOR.id - Ketua tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kemenpora, Prof. Dr. Moch. Asmawi menjelaskan soal pemilihan 31 cabang olahraga (cabor) yang berangkat ke SEA Games 2021.

Keputusan untuk memberangkatkan ke-31 cabor tersebut berdasarkan pada hasil review tim yang terdiri dari akademisi UNJ, Unesa, UPI Bandung, serta sejumlah perguruan tinggi lainnya.

Bukan hanya para akademisi, unsur lain dari tim review adalah praktisi olahraga, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat maupun Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia). 

Tim review melakukan wawancara dengan pelatih, manajer dan pengurus, serta melihat track record (rekam jejak) prestasi cabor yang bersangkutan dalam event olahraga terakhir yang diikuti.

"Kami juga punya data dan track record (31 cabor itu) dari multievent terakhir yang diikuti. Kalau enggak begitu, kami juga melihat track recordnya dalam kejuaraan resmi," kata Moch. Asmawi.

Masih menurutnya, Pemerintah melalui Kemenpora, telah menetapkan Olimpiade sebagai target utama Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Jadi, SEA Games hanyalah sasaran antara.

Sandy Ibrahim saat memersembahkan medali perak untuk Indonesia di SEA Games 2019 pada cabang olahraga basket 3x3.
Sandy Ibrahim saat memersembahkan medali perak untuk Indonesia di SEA Games 2019 pada cabang olahraga basket 3x3. dok. IBL

Berbekal pada komitmen itu, maka kategori pertama cabor yang dikirim ke SEA Games 2021 adalah 14 cabor DBON, minus satu, karena tuan rumah tidak mempertandingkannya.

"Kurang lebih ada 14 cabang olahraga dalam DBON (yang berangkat ke SEA Games). Tentunya mereka yang punya kans untuk meraih medali emas, perak dan perunggu," imbuh Moch Asmawi.

Cabor tersebut angkat besi, atletik, balap sepeda, bulu tangkis, pencak silat, dayung (kano/kayak-perahu naga), rowing, karate, menembak, panahan, renang, senam, taekwondo dan wushu.

"18 cabang olahraga yang non-DBON, tapi ada potensi emas dan perak, jadi kami berangkatkan. Kami tidak langsung menyetujui karena tim review ingin mengecek lagi," dia menuturkan.

Di antaranya tinju, voli indoor dan pantai, boling, catur, jujitsu, judo, tenis, triatlon, sepak takraw, kickboxing, sepak bola, e-sport, anggar, basket, gulat, selam, vovinam, dan golf.

Moch. Asmawi menjelaskan ada 14 cabor SEA Games 2021 yang tidak diikuti Indonesia. Hal itu semata-mata karena hasil review yang dinilai tak punya potensi prestasi atau medali.

Menpora Zainudin Amali bersama jajaran pengurus PBESI dalam kunjungan ke pelatnas Esports untuk SEA Games 2021, di Jeep Station Indonesia, Puncak, Bogor, Jawa Barat, Senin (7/3/2022).
Menpora Zainudin Amali bersama jajaran pengurus PBESI dalam kunjungan ke pelatnas Esports untuk SEA Games 2021, di Jeep Station Indonesia, Puncak, Bogor, Jawa Barat, Senin (7/3/2022).

"Tidak berangkatkan karena tidak punya jejak prestasi dan peluang meraih medali di SEA Games 2021. Itu adalah pesan dari Pemerintah yang tidak bisa ditawar karena hulunya adalah Olimpiade," jelasnya.

Adapun ke-14 cabor itu adalah bola tangan dan pantai, dansa, petanque, kurash, futsal, biliar, tenis meja, muaythai, xiangqi, loncat indah, senam sitmik, senam aerobik, binaraga, dan sepak bola putri.

Meski atlet yang dikirim tak sebanyak saat SEA Games 2019 di Filipina, Tim Review berharap kontingen Indonesia di Vietnam bisa menjadi juara umum pada masing-masing cabor.

Dari total 31 cabor, Indonesia akan memberangkatkan kontingen yang terdiri dari 738 orang ke SEA Games 2021. Dengan rincian 476 atlet (putra dan putri), 207 ofisial, serta 55 tenaga pendukung.

Baca Olahraga Lainnya:

Jelang ASEAN Para Games, Kementerian PUPR Survei 14 Venue di Solo

Jelang Tampil di SEA Games Hanoi, Windy Cantika Aisah Tempa Diri di Kejuaraan Dunia Junior

Klik gambar untuk mengunggah app Skor.id.
Klik gambar untuk mengunggah app Skor.id.

Klik gambar untuk mengunjungi media sosial kami.
Klik gambar untuk mengunjungi media sosial kami.

  • Sumber: Kemenpora
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Berita

    Jumat, 1 April 2022

    Viral, Seorang Atlet SMA Tonjok Pelari Lain saat Lomba

    Sebuah klip dari lintasan atletik sekolah menengah Florida telah menjadi viral. Seorang peari memukul peserta lainnya selama perlombaan berlangsung.

    Berita

    Kamis, 7 April 2022

    Olahraga Gila, Car Jitsu Dua Orang Bertarung di Mobil Gemparkan Dunia

    Olahraga baru yang melibatkan dua pesaing saling bergulat di dalam mobil menggemparkan dunia. Aset kendaraan seperti sabuk pengaman dan roda kemudi diizinkan sebagai senjata.

    Terbaru

    Lain - lain

    Selasa, 7 Februari 2023

    Tim Renang Perairan Terbuka Indonesia Raih 4 Emas dalam 1st SEA Open Water Swimming Championship 2023

    Tim renang perairan terbuka Indonesia raih empat emas dari ajang the 1st SEA Open Water Swimming Championship 2023.

    Lain - lain

    Senin, 6 Februari 2023

    Lebarannya Para Pelari Bakal Digelar di Bandung pada 30 Juli 2023

    Event lari Pocari Sweat Run Indonesia 2023 akan digelar secara offline dan virtual dengan peserta dari Sabang hingga Merauke bisa berpartisipasi.

    Lain - lain

    Senin, 6 Februari 2023

    3 Fakta Menarik Pekan Keempat Proliga 2023, Duo BIN Berjaya di Gresik

    Pekan keempat Proliga 2023 di Gresik yang telah berakhir pada Minggu (5/2/2023) menghadirkan banyak drama.

    Lain - lain

    Senin, 6 Februari 2023

    NOC Indonesia Puji Proses Seleknas Angkat Besi untuk SEA Games 2023

    PB PABSI baru saja menggelar Seleknas untuk SEA Games 2023 yang meloloskan satu lifter non-pelatnas bernama Luluk Diana Tri.

    Lain - lain

    Senin, 6 Februari 2023

    500 Kenshi Kempo Indonesia Latihan Bersama di TMII

    Minggu (5/2/2023), 500 kenshi Indonesia dari berbagai daerah berkumpul untuk latihan bersama hingga ujian naik tingkat di Jakarta.

    Lain - lain

    Senin, 6 Februari 2023

    Proliga 2023: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

    Berikut jadwal, hasil, dan klasemen voli Proliga 2023 yang bakal terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi babak reguler.

    Lain - lain

    Minggu, 5 Februari 2023

    Proliga 2023: Kalah dari Bandung BJB, Gresik Petrokimia Punya Kans Menang di Laga Kandang Pamungkas

    Minggu (5/2/2023), Gresik Petrokimia dijadwalkan berjumpa Jakarta Pertamina Fastron dalam laga pamungkas sebagai tuan rumah Proliga 2023.

    Lain - lain

    Minggu, 5 Februari 2023

    Thailand Gugat Kamboja karena Ganti Nama Muay Thai di SEA Games 2023

    Thailand menegaskan tidak akan mengirim delegasi di cabang Muay Thai yang disebut Kun Khmer pada SEA Games 2023.

    Lain - lain

    Sabtu, 4 Februari 2023

    Rekap Hasil Proliga 2023: Lavani Kembali ke Pucuk, Gresik Petrokimia Tumbang di Kandang

    Jakarta Lavani Allo Bank berhasil mengambil alih pucuk klasemen kategori putra Proliga 2023 sementara Gresok Petrokimia Pupuk Indonesia tumbang di kandang.

    Lain - lain

    Sabtu, 4 Februari 2023

    Proliga 2023: Daftar Pemain Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Sejumlah Pilar Penting Dipertahankan

    Berikut daftar pemain yang sudah didaftarkan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia untuk mengarungi kompetisi Proliga 2023.
    X