Senin Adrenalin : Mengenal Paragliding

16 November 2020, 14:00 WIB
Penulis: Nizar Galang
Editor: Lily Indriyani
Suasana latihan timnas Indonesia jelang Asian Games XVIII/2018 di Puncak, Bogor.
Suasana latihan timnas Indonesia jelang Asian Games XVIII/2018 di Puncak, Bogor. /Dokumentasi KONI Pusat

  • Paragliding atau paralayang merupakan salah satu olahraga yang memacu andrenalin karena dilakukan di ketinggian.
  • Olahraga yang juga disebut paralayang itu mulai dikenal sekitar 1980-an.
  • Paralayang muncul di Indonesia pada awal 1990 yang ditandai dengan terbentuknya Mega Raya Paralayang Indonesia (MERAPI).

SKOR.id - Paragliding atau biasa disebut juga dengan paralayang merupakan olahraga yang memacu adrenalin karena dilakukan di ketinggian. 

Olahraga ini muncul sekitar tahun 1980-an dan terus berkembang. Untuk kali pertama, paralayang menggelar Kejuaraan Dunia di Kossen, Austria, pada 1989. 

Namun, di Indonesia, paralayang muncul awal 1990 yang ditandai dengan berdirinya Mega Raya Paralayang Indonesia (MERAPI) di Yogyakarta.

MERAPI merupakan klub dan sekolah paralayang pertama di Indonesia hingga kerap disebut sebagai cikal olahraga yang tergolong ekstrem ini. 

Persatuan Layang Gantung Indonesia (PLGI) merupakan induk organisasi olahraga ini di Tanah Air. Mereka di bawah naungan FASI (Federasi Aero Sport Indonesia).

Terbang dari dataran tinggi, paralayang mengandalkan angin. Jika cuaca buruk, olahraga ini tak bisa dimainkan karena berisiko tinggi. 

Namun, paralayang diyakini menghadirkan sensasi berbeda karena membuat penikmat olahraga ini bisa menikmati alam dari ketinggian.  

Paralayang tak menggunakan mesin untuk terbang, melainkan parasut dan angin. Para pilot juga bertumpu pada kaki untuk lepas landas maupun mendarat.

Meski tergolong ekstrem, risiko dari paralayang bisa diminimalisir. Syaratnya, mematuhi prosedur untuk menekan tingkat kecelakaan. 

Oleh karena itu, para penikmat paralayang, terutama pemula, harus memperhatikan betul beberapa hal agar dapat terbang dengan aman dan nyaman. 

Salah satunya dengan didampingi instruktur profesional. Beberapa perlengkapan wajib adalah parasut utama dan cadangan, harness, dan helm.

Perlengkapan yang mendukung seseorang untuk "terbang", antara lain: baju terbang, variometer, radio/HT, GPS, windmeter, hingga peta lokasi.

Jenis parasut yang digunakan sangat tergantung dari tingkat kemampuan dan berat penerbang. Setidaknya ada tiga jenis parasut paralayang. 

Ketiga jenis tersebut adalah parasut untuk pemula, parasut untuk penerbang menengah, dan parasut untuk penerbang profesional.

Ukuran parasut juga harus sesuai dengan berat penerbang. Ukuran yang tersedia, antara lain XS, S, M, L serta LL, untuk mereka yang tandem.

Adapun untuk spot paragliding, Indonesia memiliki beberapa lokasi yang bisa dijadikan pilihan seperti Puncak Lawang, Maninjau, Sumatera Barat. 

Tempat ini termasuk yang terbaik di Asia Tenggara. Bahkan, sempat dijadikan lokasi Agam World Cup Paradigling pada 2013. 

Kemudian, Gunung Banyak di Malang, yang menawarkan panorama alam Malang yang begitu indah. Ada pula, Bukit Timbis, Kuta, Bali.

Sedangkan untuk mereka yang berada di wilayah Jabodetabek, spot terdekat adalah Bukit Gantole Paralayang Puncak.

Asian Games 

Saat jadi tuan rumah Asian Games XVIII/2018, Indonesia memasukkan paralayang. Hasilnya, Merah Putih keluar sebagai juara umum. 

Jafro Megawanto dan kawan-kawan berhasil mengumpulkan dua medali emas, satu perak dan tiga perunggu dalam Asian Games.   

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita Senin Adrenalin Lainnya:  

Senin Adrenalin: Mengenal Panjat Tebing

Senin Adrenalin: Mengenal Triatlon

  • Sumber: Wikipedia
  • Tag

    Video

    Terbaru

    Berita

    Minggu, 7 Agustus 2022

    Ratu Lompat Tinggi Rusia Sebut Presiden IOC Munafik

    Ratu lompat tinggi Rusia menyerang bos Olimpiade 'bermuka dua' Mariya Lasitskene kembali menyerang presiden IOC Thomas Bach

    Berita

    Minggu, 7 Agustus 2022

    Logo Xiao Hao Diluncurkan, Pengrov WI Jatim Gelar Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022

    Kejuaraan Nasional Wushu Wushu Piala Presiden 2022 akan dilangsungkan di Jawa Timur. Rencananya digelar di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Surabaya, Jawa Timur, 16-22 September 2022.

    Berita

    Sabtu, 6 Agustus 2022

    ASEAN Para Games 2022: Keramahan Masyarakat Solo Terkenang di Hati

    Presiden ASEAN Para Sport Federation (APSF), Osoth Bhavilai, memberikan apresiasi terkait penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 di Indonesia.

    Berita

    Sabtu, 6 Agustus 2022

    Garuda Api Raksasa Meriahkan Upacara Penutupan ASEAN Para Games 2022

    Upacara penutupan ASEAN Para Games 2022 berlangsung pada Sabtu (6/8/2022) malam di Stadion Manahan.

    Berita

    Sabtu, 6 Agustus 2022

    ASEAN Para Games 2022: Menpora Tegaskan Para Peraih Medali Diganjar Bonus Setara Medalis SEA Games

    Kontingen Indonesia memungkasi perjuangan di ASEAN Para Games 2022 dengan menjadi juara umum.

    Berita

    Sabtu, 6 Agustus 2022

    ASEAN Para Games 2022: 5 Cabor Bakal Dievaluasi

    Evaluasi, menurut Chandra Bhakti akan difokuskan khususnya untuk cabang-cabang paralimpik yang dipertandingan di ASEAN Para Games ini. Ada lima cabornya, yakni renang, para-atletik, para-badminton, para-tenis meja, dan angkat berat.

    Berita

    Sabtu, 6 Agustus 2022

    ASEAN Para Games 2022: Sukses Indonesia Menuai Apresiasi

    erja keras Indonesia menyelenggarakan ASEAN Para Games Solo 2022 membuahkan apresiasi dari 10 negara peserta. Mereka puas mengikuti event olahraga penyandang disabilitas dua tahunan yang kali ini dipusatkan di Solo.

    Berita

    Sabtu, 6 Agustus 2022

    Menpora Zainudin Amali: Semua Negara Peserta ASEAN Para Games 2022 Memuji Indonesia

    Menpora RI, Zainudin Amali, menyebut jika semua negara peserta ASEAN Para Games 2022 memuji Indonesia.

    Berita

    Jumat, 5 Agustus 2022

    CdM Indonesia: Resmi, Kita Juara Umum ASEAN Para Games 2022

    CdM Indonesia, Andi Herman, menyampaikan bahwa berdasarkan perhitungan medali, Indonesia adalah juara umum ASEAN Para Games 2022.

    Berita

    Jumat, 5 Agustus 2022

    Cerita Haru Wilma Margaretha, dari Cita-cita Naik Pesawat hingga Kabar Duka Saat Bertanding

    Cerita Wilma Margaretha Sinaga mengenal paracatur sangat unik. Awalnya, hanya ingin belajar paracatur agar bisa naik pesawat terbang.
    X