Remco Evenepoel Bikin Bangga Belgia, Raih Gelar La Vuelta a Espana dan Juara Dunia UCI Road dalam Dua Minggu

28 September 2022, 16:10 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Remco Evenepoel mencatatkan namanya sebagai pembalap sepeda Belgia yang berhasil memenangkan Grand Tour sejak Philippe Gilbert meraih gelar yang sama pada 2012 di Valkenburg.
Remco Evenepoel mencatatkan namanya sebagai pembalap sepeda Belgia yang berhasil memenangkan Grand Tour sejak Philippe Gilbert meraih gelar yang sama pada 2012 di Valkenburg. /Twitter @BELCycling

  • Belgia menjadi perbincangan penggemar olahraga balap sepeda dunia berkat sukses yang diraih pembalap muda Remco Evenepoel.
  • Pemuda 22 tahun itu berturut-turut meraih gelar juara dunia balap sepeda jalanan dan La Vuelta a Espana dalam sebukan terakhir.
  • Rencananya kota Brussel dan tempat kelahirannya Dilbeek akan memberinya gelar warga kehormatan pada akhir pekan nanti. 

SKOR.id - Warga kota Brussel dan Dilbeek akan menggelar penyambutan pesepeda Belgia, Remco Evenepoel, saat ia kembali dari penobatannya baru-baru ini sebagai juara dunia bersepeda jalan raya.

Evenepoel raih dua penghargaan utama tahun ini: La Vuelta a España (11/09/2022) - salah satu dari tiga tur besar, balapan bersepeda paling bergengsi - dan Kejuaraan Dunia Balap Sepeda Jalanan (UCI Road World Championships) pada 25 September lalu di Australia.

Setelah melewati serangkaian cedera besar dan kritik dari media sebagai atlet balap sepeda profesional, Evenepoel sekarang akan kembali ke negara asalnya sebagai pahlawan di kampung halamannya di Dilbeek, serta di Brussel.

Rencananya, pada hari Minggu, 2 Oktober nanti, pukul 12:00, resepsi akan diadakan di Pusat Kebudayaan Westrand di Dilbeek yang baru-baru ini telah memberikan gelar kehormatan warga negara kepada pembalap muda tersebut.

Setelah acara, Evenepoel akan berbicara pada para fansnya sebelum melakukan perjalanan ke Brussel, dengan nersepeda: "Remco Evenepoel membuat kami tegang selama La Vuelta dan Kejuaraan Dunia," kata Philippe Close, walikota Brussel.

"Orang-orang Belgia ingin membayar upeti dan menunggu dengan penuh semangat untuk kepulangannya."

Diperkirakan tiba di Brussel pada pukul 15:30, Evenepoel akan dibawa ke balkon balai kota Brussel, persis seperti yang dilakukan timnas sepak bola Belgia setelah Piala Dunia 2018, untuk menghadapi keramaian di Grand Place.

Sebelumnya warga Flemish di Dilbeek, di pinggiran Brussel, berniat menganugerahkan gelar warga kehormatan kepada Evenepoel paska-kemenangannya di Vuelta a Espaa dua pekan lalu.

Karena atlet berusia 22 tahun berasal dari lingkungan Dilbeek di Schepdaal, walikota Dilbeek Willy Segers telah mengumumkan niat mereka untuk menamainya sebagai warga negara kehormatan saat ia memenuhi semua persyaratan gelar tersebut.

"Remco telah menampilkan performa luar biasa dan bersejarah untuk menempatkan Dilbeek dan terutama Schepdaal di peta (dunia)," Segers menjelaskan.

 

Untuk itu, pencalonan akan dibahas oleh mayoritas yang memerintah, sebelum dipilih oleh Dewan Kota pada akhir September.

Warga Kehormatan
Sulit untuk melebih-lebihkan seberapa besar bintang Remco Evenepoel di Belgia saat ini. Pria dari Flemish, Brabant ada di semua halaman depan surat kabar, halaman belakang, dan mengisi sebagian besar kolom di antaranya.

Dia sudah terkenal, wajah Pizza Hut di Belgia, tetapi menjadi orang pertama dari negara itu yang memenangkan Grand Tour sejak 1978, dia telah menjadi superstardom.

Kemenangan pembalap Quick-Step Alpha Vinyl di Vuelta a España telah melambungkannya ke dalam sejarah olahraga. Lupakan Denmark yang tergila-gila pada Jonas Vingegaard setelah Tour de France, Belgia kini menggilai Remco.

Mungkin perlu beberapa saat bagi pemuda itu untuk pulih dari semua kehebohan ini.

Belgia mungkin telah memenangkan 48 edisi terpisah dari lima Monumen (Milan-San Remo, Tour of Flanders, Paris-Roubaix, Liège-Bastogne-Liège dan Il Lombardia) sejak kemenangan atlet mereka di Grand Tour terakhir, tapi ini yang besar, yang telah ditunggu rakyat Belgia.

Bayangkan saja, beberapa jam setelah kemenangannya pada 12 September lalu, sang atlet menerima telepon dari Raja Belgia, Philippe, yang mengucapkan selamat atas kemenangannya. Bahkan bangsawan tunduk pada pemenang Vuelta.

Itu gambaran seberapa besar hasil yang diraih oleh Evenepoel untuk negara Belgia, tempat bersepeda hampir menjadi seperti agama.

Video dari kota kelahirannya di Schepdaal menunjukkan bahwa kota mereka tergila-gila, dan walikota Bilbeek telah menyatakan niatnya untuk menjadikan Evenepoel sebagai warga negara kehormatan.

Tidak peduli apa yang dia lakukan di sisa karirnya, dia sudah menjadi legenda di tanah air.

Pada akhir pertandingan di Madrid pada Minggu malam, Evenepoel tak hanya disambut oleh tunangannya, Oumi Rayane, yang kini juga menjadi terkenal di kalangannya sendiri, tetapi juga oleh kiper pilihan pertama Belgia, Thibaut Courtois dari Real Madrid, yang menghadiahkannya kaos bertanda tangan.

Mungkin untungnya bagi pemuda Belgia itu, dia belum pulang ke rumah, melainkan terbang langsung ke Australia untuk Kejuaraan Dunia, yang berakhir akhir pekan lalu.

Setiap jarak antara Evenepoel dan hiruk pikuk media yang pasti akan menyambutnya di Belgia pasti menjadi hal yang baik untuknya.

Quick-Step ingin menghindari euforia selebritas dan selebrasi luar biasa yang menyebabkan Vingegaard mundur dan beristirahat dari balapan setelah aktivitas Turnya; perjalanan ke Australia mungkin menunda ini, tetapi itu tidak akan mencegah hal yang tak terhindarkan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Remco Evenepoel (@remco.ev)

Namun, Evenepoel adalah sosok yang berbeda, jauh lebih percaya diri dan sudah terbiasa dengan status selebritasnya, bahkan jika ini telah meningkat lagi sekarang.

Di Schepdaal, bersama dengan pesta umum dan Remco-mania, toko kue lokal bahkan membuat kue sus bertema Vuelta, jadi orang bahkan bisa merayakannya sambil menikmati kue.

Kemenangan di Vuelta ini mungkin sedikit terganggu karena mundurnya Primož Rogli, tetapi Evenepoel adalah pemenang yang layak, dan dengan 36 kemenangan profesional pada usia 22 tahun, masih harus dilihat seberapa jauh dia bisa melangkah lebih jauh dalam olahraga.

Namun, untuk saat ini, Belgia akan merayakannya, dan Evenepoel akan mencoba menahan sanjungan. Dan hasilnya, gelar Juara Dunia telah berada di genggamannya.***

Berita Balap Sepeda Lainnya:

Video | Atlet Balap Sepeda Belanda Diserang Burung Murai dan Burung Camar di Kejuaraan Dunia Bersepeda

Valtteri Bottas Habiskan Jeda Libur F1 2022 dengan Lomba Balap Sepeda Bareng Pacar

VIDEO: Atlet Balap Sepeda Terjang Penonton dalam Tabrakan Berkecepatan Tinggi di Commonwealth Games

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: Cycling Weekly, The Brussels Times
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Lain - lain

    Rabu, 28 September 2022

    Jadwal Siaran Langsung Olahraga di TV Hari Ini

    Berikut ini adalah jadwal siaran langsung olahraga di TV, Rabu (28/9/2022) hingga Kamis dini hari WIB.

    Berita

    Minggu, 18 September 2022

    Jawab Tantangan Vincent-Desta, Velentino Jebret Sukes Gelar PB INA Fun Badminton Tournament

    Ajang ini digelar guna menjawab tantangan Vincent dan Desta

    Berita

    Selasa, 20 September 2022

    Trish Stratus Mendadak Operasi Radang Usus Buntu

    Trish Stratus memberi kabar terbaru kepada penggemar setelah dilarikan ke rumah sakit untuk operasi darurat karena rasa sakit yang 'intens'

    Berita

    Kamis, 22 September 2022

    Dunia Gelap Korupsi Olimpiade, dari Suap, PSK, hingga Transaksi Medali Emas

    Di dalam dunia gelap korupsi Olimpiade, dari pelacur, suap, dan membayar jutaan untuk medali emas

    Terbaru

    Berita

    Senin, 28 November 2022

    Gibran: Solo Siap Jadi Tuan Rumah Porwanas XIV

    Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan kesiapannya apabila Porwanas XIV digelar ke Solo.

    Berita

    Rabu, 23 November 2022

    Buka Open Golf Tournament, Menpora Amali Inginkan Porwanas Digelar 2 Tahun Sekali

    Menpora Zainudin Amali berharap Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) dapat dipersingkat penyelengaraannya.

    Berita

    Minggu, 20 November 2022

    Ketua Umum PWI Pusat Tinjau Venue, Menpora Amali Buka Porwanas XIII Jawa Timur

    Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari meninjau kesiapan venue-venue pertandingan dan tempat pembukaan Pekan Olahraga Wartawan (Porwanas) XIII Jatim, di Kota Malang, Minggu (20/11/2022).

    Berita

    Rabu, 16 November 2022

    Soal Pencalonan IKN sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2036, Erick Thohir Tegaskan Indonesia Serius

    Presiden RI, Joko Widodo, resmi mengumumkan pencalonan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai tuan rumah Olimpiade 2036.

    Berita

    Rabu, 16 November 2022

    Presiden IOC Thomas Bach Kutuk Politisasi Olahraga

    Thomas Bach mengatakan pada KTT G20 bahwa olahraga harus dipisahkan dari politik

    Berita

    Rabu, 16 November 2022

    Edan, Paman Chen Mengisap 42 Batang Rokok Selama Maraton

    Pelari perokok berat Paman Chen mengisap 42 batang rokok selama maraton - dan melakukan waktu yang menakjubkan

    Berita

    Selasa, 15 November 2022

    Poin Penting Rakor Porwanas 2022, Kota Malang Siap Sambut Kontingen

    Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) tinggal hitungan hari. Berbagai persiapan dipastikan kian matang dilakukan oleh tuan rumah Jawa Timur.

    Berita

    Senin, 14 November 2022

    Boris Becker Dideportasi dari Inggris dan Bisa Natalan di Jerman

    Mantan petenis nomor satu dunia Boris Becker telah menghabiskan tujuh bulan terakhir di penjara.

    Berita

    Selasa, 8 November 2022

    Mantan Pemain Liga Inggris Ditangkap karena Mengemudi dalam Keadaan Mabuk

    Mantan pemain sepak bola Liga Premier ditangkap karena mengemudi sambil mabuk. Mobilnya menyeruduk bagian depan sebuah toko.

    Berita

    Selasa, 8 November 2022

    GBK Riwayatmu...

    Lapangan golf Senayan, akan diubah menjadi wisma atlet dan kemudian dialihkan rusunawa. Ide yang bagus, tapi salah lokasi.
    X