Pesan Menpora untuk Lanjutan Liga Basket dan Sepak Bola 2020

17 September 2020, 12:20 WIB
Penulis: Any Hidayati
Editor: Tri Cahyo Nugroho
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sekali lagi mengingatkan agar kompetisi olahraga di Indonesia, Liga 1 (sepak bola) dan IBL (basket) agar tidak menjadi pusat penyebaran baru Covid-19. /Husni Yamin/Skor.id

  • Menpora Zainudin Amali berharap agar penyelenggara IBL dan Liga 1 ikuti protokol kesehatan ketika kembali bergulir di bulan Oktober.
  • Zainudin Amali tidak ingin kompetisi olahraga menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.
  • Kepala BNPB, Doni Monardo, pun menegaskan bahwa protokol kesehatan adalah hal mutlak yang tidak bisa ditawar.

SKOR.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberi wejangan khusus untuk Liga Basket Indonesia (IBL) dan kompetisi sepak bola Liga 1 yang akan segera bergulir mulai Oktober mendatang.

Wejangan tersebut diucapkan dalam acara penandatanganan nota kesepahaman penyelanggaraan kompetisi olahraga yang aman dari Covid-19 yang berlangsung secara virtual pada hari Kamis (17/9/2020).

Acara ini dihadiri Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Dani Kosasih, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan, dan Direktur Utama (CEO) IBL Junas Miradiarsyah.

Selain itu, tampak pula Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Letnan Jenderal TNI Doni Monardo.


"Jangan sampai kegiatan kompetisi olahraga ini menjadi klaster baru dan akhirnya akan menjadi sia-sia upaya pemerintah yang sedang dilakukan," ujar Zainudin Amali dalam arahannya.

"Saya punya keyakinan para pemimpin cabang olahraga akan menjalankan dengan sungguh-sungguh," tutur pengusaha dan Ketua DPP Partai Golkar 2014-2019 tersebut.

Menpora juga berharap agar BNPB terus memantau perjalanan dua kompetisi olahraga terbesar di Indonesia tersebut selama pandemi Covid-19.

"Pemantauan dan supervisi harus tetap dijalankan," Zainudin Amali menegaskan. "Pilih tempat yang tdak terlalu berisiko penularan Covid-19. Ini adalah turnamen tanpa penonton. Mohon untuk dipatuhi."

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo (kiri), dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (kanan), saat menandatangani kerja sama soal teknis protokol kesehatan terkait pelaksanaan lanjutan Liga 1 di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Juli 2020 lalu.
Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo (kiri), dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (kanan), saat menandatangani kerja sama soal teknis protokol kesehatan terkait pelaksanaan lanjutan Liga 1 di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Juli 2020 lalu. DOK PSSI

Zainudin mengingatkan kepada para penyelenggara kompetisi agar bekerja sama dengan pemangku kebijakan di daerah tempat kejuaraan digelar untuk membendung penonton yang nekad mendatangi stadion.

Menurutnya, kerja sama tersebut akan membantu penyelanggara untuk mengimbau para penggemar untuk tetap di rumah dan menonton pertandingan hanya di depan televisi masing-masing.

"Memang (pertandingan) tanpa penonton adalah hal baru tetapi harus dijalankan karena mengutamakan keamanan dan kesehatan," Zainudin menyimpulkan.

Ketua BNPB, Doni Monardo, pun mengatakan bahwa pihaknya akan selalu memantau setiap perjalanan kompetisi olahraga musim 2020.

"Kepada seluruh penyelanggara untuk memastikan agar seluruh peserta baik pemain, panitia, dan ofisial yang secara fisik sehat. Yakni mereka yang sehat dan tidak memiliki penyakit bawaan," ujarnya.

"Karena selama pandemi ini masih berlangsung tidak ada tempat yang benar-benar aman. Oleh karena itu protokol kesehatan adalah hal mutlak, tidak ada tawar-menawar," kata mantan Komandan Paspampres dan Danjen Kopassus TNI-AD tersebut.

Satu kelonggaran yang diterapkan BNPB untuk kompetisi olahraga di tengah pandemi hanyalah ketika pertandingan berlangsung.

"Karena tidak mungkin untuk memakai masker. Tidak mungkin juga untuk menghindari kontak fisik atau menjaga jarak. Oleh karena itu secara periodik seluruh peserta harus menjalani protokol medis," ujar Doni Monardo terkait protokol kesehatan bagi atlet.

Kompetisi sepakbola Liga 1 akan berlangsung mulai 1 Oktober 2020 di Yogyakarta mempertemukan PSS Sleman versus Persebaya Surabaya sebagai pembuka.

Sedangkan, kompetisi IBL 2020 akan dimulai kembali pada 13 Oktober di Mahaka Square Arena di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita Olahraga Lainnya:

Menpora: Jangan Berkomentar Negatif ke Pemain Timnas U-19 Indonesia

Haornas 2020: Dua Menteri Kabinet Indonesia Maju Terima Penghargaan

Tag

Video

Komentar

Berita Terkait

Nusantara

Sabtu, 12 September 2020

Mantan Kepala Departemen Wasit PSSI Ngadiman Asri Meninggal Dunia

Ngadiman Asri menjabat sebagai Ketua Departemen Wasit pada era kepemimpinan Edy Rahmayadi

Badminton

Minggu, 13 September 2020

PBSI Batalkan Permohonan Indonesia Jadi Tuan Rumah Turnamen Seri Asia

Pandemi Covid-19 yang belum mereda di Indonesia, khususnya DKI Jakarta, membuat PP PBSI mundur sebagai tuan rumah seri Asia.

Terbaru

Olahraga Lain

Senin, 28 September 2020

Elysha Chloe Pribadi Berlatih di Laut Selama Pandemi Covid-19

Berenang di laut menjadi salah satu opsi latihan Elysha Chloe Pribadi selama pandemi Covid-19.

Olahraga Lain

Senin, 28 September 2020

Elysha Chloe Pribadi, Pemecah 3 Rekornas Renang Indonesia yang Masih Punya Mimpi Besar

Elysha Chloe Pribadi sukses mencuri perhatian saat memecahkan tiga rekornas kala tampil dalam kejuaraan renang di Brisbane, Australia.

Olahraga Lain

Senin, 28 September 2020

Trio Perempuan Amerika Torehkan Sejarah di NFL: Dua Pelatih dan Satu Wasit dalam Satu Pertandingan

Jennifer King dan Callie Browns pernah bermain di Aliansi Sepak Bola Perempuan, sedangkan Sarah Thomas dari keluarga ofisial college football.

Olahraga Lain

Senin, 28 September 2020

Perenang Muda Elysha Chloe Pribadi Sukses Pecahkan 3 Rekornas Saat Tampil di Australia

Perenang muda Indonesia, Elysha Chloe Pribadi, sukses memecahkan tiga rekor nasional untuk nomor gaya dada putri dalam satu bulan.

Olahraga Lain

Minggu, 27 September 2020

NFL: Pemain Satu Tangan Shaquem Griffin Kembali Masuk dalam Daftar Aktif Seattle Seahawks

Seattle Seahawks memutuskan untuk menarik Shaquem Griffin ke skuad utama untuk menghadapi Dallas Cowboys.

Berita

Sabtu, 26 September 2020

KONI dan NPCI Kota Bandung Turut Rayakan HUT RRI Ke-75

Pada perayaan HUT ke-75, RRI Bandung menegaskan komitmennya untuk mendukung perkembangan olahraga di ibu kota Jawa Barat.

Berita

Sabtu, 26 September 2020

PABBSI Jawa Barat Resmi Dipecah Jadi Tiga Kepengurusan Cabor

Pemisahan PABBSI Jawa Barat sesuai dengan amanat Munaslub PB PABBSI di Jakarta pada Desember 2019.

Olahraga Lain

Jumat, 25 September 2020

Olimpiade Tokyo 2020 Akan Beradaptasi dengan Covid-19

Presiden IOC Thomas Bach mengatakan Olimpiade 2020 akan beradaptasi dengan Covid-19 dan persiapan berjalan sesuai trek.

Olahraga Lain

Kamis, 24 September 2020

Awasi Penggunaan Anggaran, Kemenpora Kunjungi Pelatnas Atletik dan Tenis

Kemenpora serius mengawasi penggunaan anggaran negara oleh cabang olahraga demi mewujudkan keuangan yang akuntabel.

Olahraga Lain

Kamis, 24 September 2020

CEO Tokyo 2020 Ungkap Draf Protokol Covid-19 untuk Olimpiade

Menurut CEO Tokyo 2020, Toshiro Muto, seluruh atlet dan ofisial bakal diawasi secara ketat selama penyelenggaraan Olimpiade tahun depan.

Terpopuler

Keyword Populer

Sepak Pojok

Sepak Pojok

X