Mundur dari Tour de France, Egan Bernal Dipastikan Gagal Pertahankan Gelar

16 September 2020, 20:02 WIB
Logo ajang balap sepeda paling bergengsi di dunia, Tour de France. /(Dok. Tour de France)
Penulis: Muhammad Ramdan
Editor: Doddy Wiratama

  • Kabar mundurnya Egan Bernal dari Tour de France 2020 jelas menjadi pukulan telak bagi Tim Ineos Grenadiers.
  • Apalagi Egan Bernal adalah satu-satunya ujung tombak untuk menyabet gelar di klasifikasi umum (GC) setelah Chris Froome dan Geraint Thomas tak turun.
  • Hingga etape 16, Egnan Bernal terpuruk karena hanya mampu menempati urutan 16 dan tertinggal 19:04 menit dari pimpinan klasifikasi umum.

SKOR.id - Kabar mengejutkan datang dari pesepeda Ineos Grenadiers, Egan Bernal, yang memutuskan mundur dari Tour de France 2020.

Ineos Grenadiers mengonfirmasi sang juara bertahan tak akan start di etape 17 dari Grenoble ke Méribel (Col de la Loze) yang akan bergulir Rabu (16/9/2020) malam WIB.

Kabar ini jelas menjadi pukulan telak bagi tim sepeda asal Inggris tersebut. Sebab, Egan Bernal adalah satu-satunya ujung tombak untuk meraih gelar di klasifikasi umum (GC).

Apalagi Ineos Grenadiers tak menurunkan Chris Froome dan Geraint Thomas pada Tour de France 2020.



Sayang, Egan Bernal gagal membalas kepercayaan timnya. Ia justru terpuruk karena hanya mampu menempati urutan ke-16 hingga saat ini.

Egan Bernal tertinggal 19:04 menit dari pimpinan klasifikasi umum sementara, Primoz Roglic, dengan waktu 70:06:47 jam.

"Ia sekarang akan fokus untuk memulihkan diri dari Tour dan menyesuaikan targetnya untuk sisa musim ini," demikian pernyataan Tim Ineos Grenadiers.

Sementara itu, Dave Brailsford selaku Bos Ineos Grenadiers menjelaskan alasan mundurnya Egan Bernal dalam ajang paling bergengsi di dunia tersebut.

"Kami membuat keputusan ini untuk kepentingan Egan. Ia adalah juara sejati yang suka balapan,"

"Ia masih bisa sering mengikuti Tour pada masa depan. Saat ini, kami pikir adalah bijak jika ia keluar dari balapan," ujar Dave Brailsford.

Pembalap sepeda Team Ineos Egan Bernal memilih berhenti melakukan persiapan karena jadwal Tour de France 2020 belum pasti.

Egan Bernal pun mengaku kecewa karena harus meninggalkan Le Tour. "Jelas, ini bukan bagaimana saya ingin mengakhiri Tour saya."

"Saya setuju bahwa dalam situasi saat ini adalah keputusan yang tepat. Saya sangat menghormati Tour dan saya sudah menantikan balapan di masa depan," katanya.

Performa Bernal di TdF 2020 memang kurang apik. Dari 16 etape yang sudah berlangsung, mantan pembalap Androni-Sidermec-Bottecchia ini tak pernah menjadi pemenang.

Tahun lalu, Egan Bernal menjadi yang terdepan dengan mencatatkan waktu 82:57:00 jam. Ketika itu, ia mengalahkan rekan satu timnya, Geraint Thomas yang berada di urutan kedua.

Ikuti juga InstagramFacebook, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita Balap Sepeda Lainnya:

Tour de France 2020: Direktur Lomba Positif Covid-19, Balapan Tetap Lanjut

Tour de France 2020: Nans Peters Rebut Kemenangan Kedua Etape di Grand Tour

Tag

Berita Terkait

Latest