Menpora Dorong Pengembangan Sport Tourism di Minahasa Utara

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menerima kunjungan Bupati Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Joune J. E. Ganda di ruang kerjanya lantai 10, gedung Kemenpora, Jakarta Pusat, Selasa (6/4). /(DOK. KEMENPORA)

  • Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, menerima kunjungan Bupati Minahasa Utara, Joune J. E. Ganda.
  • Buah dari kunjungan tersebut, Menpora mendorong Bupati Minahasa Utara untuk menggencarkan sport tourism.
  • Menurut Menpora, sport tourism merupakan langkah tepat untuk memulihkan kondisi ekonomi pasca-pandemi Covid-19. 

SKOR.id - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, mendorong Bupati Minahasa Utara untuk menggencarkan sport tourism di wilayahnya.

Hal itu diungkapkan setelah Menpora menerima kunjungan Bupati Minahasa Utara, Joune J. E. Ganda, di lantai 10, gedung Kemenpora, Jakarta Pusat, Selasa (6/4/2021). 

Zainudin Amali mengatakan bahwa kedatangan bupati dan jajarannya untuk menyampaikan kegiatan yang ada di Minahasa Utara, terutama terkait kepemudaan dan olahraga. 

"Kami menerima aspirasi soal pembangunan sarana olahraga yang diinginkan oleh Pak Bupati dan Pak Wakil karena memang masih kurang di tempat itu," ujar Zainudin.

"Ini saya menyambut baik keinginan dari pemerintah kabupaten Minahasa Utara," tuturnya.

Terkait usulan pembangunan stadion dan fasilitas olaharga, Zainudin Amali menjelaskan bahwa di Kementerian yang dipimpinnya hanya memiliki kewenangan rekomendasi.

Sedangkan kewenangan dalam hal pembangunan infrastruktur seluruhnya menjadi tugas Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat). 

"Kalau ada pengajuan seperti itu, kami merekomendasikan ke Kementerian PUPR," ujarnya. 

Pada kesempatan itu, Menpora juga mendorong Minahasa Utara untuk mengembangkan sport tourism. Apalagi wilayah Likupang masuk dalam destinasi pariwisata super-prioritas. 

"Kami akan mendorong sport tourism yang menjadi arah dari kebijakan olahraga wisata dan telah didorong oleh bapak Presiden," ujarnya.

"Kami sudah punya kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Saya pesan ke Pak Bupati dan jajarannya untuk konsentrasi dan fokus mengembangkan itu."

"Kami dari Kemenpora tentu akan mendukung sepanjang sesuai dengan apa yang ada kami," ia menjelaskan.

Menpora, Zainudin Amali jalani rapat kerja bersama Komisi X DPR secara virtual, Kamis, 14 Januari 2021..
Menpora, Zainudin Amali jalani rapat kerja bersama Komisi X DPR secara virtual, Kamis, 14 Januari 2021.. dok. Kemenpora

Selain itu, Menpora meyakini sport tourism bisa menjadi solusi pemulihan ekonomi setelah terdampak pandemi COVID-19. 

"Kami sangat berharap terhadap sport tourism karena setelah pandemi setahun lebih mendera negeri ini, ekonomi juga ikut terpukul dan bahkan terpuruk," ujarnya.

"Dengan adanya kebangkitan, yang kami dorong salah satunya dari pariwisata. Tentu kami dari Kemenpora mengaitkannya dengan sport tourism.

Sementara itu, Bupati Minahasa Utara, Joune J. E. Ganda, menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas sambutan hangat Menpora dalam kunjungan ini. 

"Kami menyampaikan banyak terima kasih atas penyambutan yang membahagiakan bagi kami."

"Kami juga bisa menyampaikan beberapa pokok-pokok pikiran kami untuk membangun kabupaten Minahasa Utara terutama di sektor pemuda dan olahraga," katanya. 

Dia berharap pemerintah dan Kemenpora mendukung pengembangan sport tourism yang ada di destinasi super prioritas di Likupang, Minahasa Utara. 

"Kami berharap mendapat dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam hal sport tourism," tuturnya.

"Harapan kami, Likupang sebagai DSP (daerah super prioritas) yang sudah ditetapkan pemerintah bisa makin dikenal dunia internasional dan masyarakat yang ada di Indonesia."

Hadir pula dalam pertemuan ini Kevin W Lotulung (Wakil Bupati Minahasa Utara), Sinpersli Maximelian (Kadispora), Johanes Katuuk (Plt Kabag Umum), dan Evelyn Luntungan (Staf Bupati).

Ikuti juga InstagramFacebook, dan Twitter dari Skor Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Skor Indonesia (@skorindonesia)

Berita Kemenpora lainnya:

Kemenpora Resmi Lantik 92 Pelatih dan Asisten Pelatih Olahraga untuk Jabatan Fungsional Tertentu

Kemenpora Putuskan Pilih Bangun Sport Centre di Cibubur Dibandingkan Hambalang

ISORI Dikukuhkan, Kemenpora Merasa Tidak Sendiri Lagi

  • Sumber: Kemenpora
  • X