Legenda Taekwondo Indonesia Turun Tangan, Berlatih Privat Jadi Lebih Mudah

23 Januari 2023, 16:45 WIB
Editor: Aditya Fahmi Nurwahid
Legenda taekwondo Indonesia, Dirc Richard.
Legenda taekwondo Indonesia, Dirc Richard. /(DOK. PRIFAT)

  • Legenda taekwondo Indonesia, Dirc Richard, berinisiatif membantu para murid latihan privat menemukan pelatih yang tepat.
  • Untuk itu, Richard memperkenalkan aplikasi Prifat.
  • Lewat aplikasi tersebut, Richard berharap setiap orang dapat mengekspresikan dirinya tanpakesulitan mencari pendamping terbaik.

SKOR.id - Mantan taekwondoin Indonesia, Dirc Richard, memiliki mimpi untuk membantu orang-orang yang ingin belajar olahraga, musik, maupun seni, menemukan pelatih yang tepat.

Berawal dari mimpi tersebut, Dirc Richard, yang merupakan peraih perak Olimpiade Barcelona 1992, memperkenalkan aplikasi Prifat.

Lewat aplikasi yang tersedia untuk Android, iOS dan website tersebut, pengguna dapat memilih pelatih berkualitas dalam bidang olahraga, musik, seni dan budaya, hingga peralatan pendukungnya.

"Saya yakin masing-masing orang pasti memiliki bakat. Mereka juga pasti ingin mengekspresikan dirinya baik itu di bidang olahraga, seni, musik, ataupun budaya," kat Dirc Richard.

"Namun, kembali lagi, semua terbatas karena minimnya info pelatih privat yang diinginkan dan dampak pandemi yang membuat sebagian besar orang melakukan aktivitas di rumah."

Dirc Richard lantas menceritakan seberapa besar peran sang pelatih hingga dia bisa meraih yang terbaik di kelas fly.

Menurutnya, sang pelatih-lah yang selalu meyakinkan dan memotivasinya saat menghadapi lawan.

Legenda taekwondo Indonesia, Dirc Richard.
Legenda taekwondo Indonesia, Dirc Richard. (DOK. PRIFAT)

"Saya yakin semua orang berhak mendapatkan pelatihan yang intens dari pelatih yang tepat di manapun dan kapanpun," tuturnya.

"Semua itu demi mengembangkan diri dengan lebih optimal dan tidak menyia-nyiakan kesempatan."

"Saya dulu sempat kesulitan mencari pelatih taekwondo untuk anak saya, jika ada pun pilihannya terbatas dan hanya berdasarkan info dari mulut ke mulut dan untuk kota besar akan buang buang waktu dan tenaga jika jaraknya jauh," ujarnya.

Kebutuhan ini makin terasa saat pandemi, ketika orang melakukan sebagian besar aktivitas mereka di dan dari rumah dan karena menghindari kegiatan berkelompok.

Di sini, mereka butuh pelatih pribadi yang profesional di bidang olahraga, seni, musik dan budaya menjadi lebih dibutuhkan, namun tampaknya tidak mudah dan tidak dapat dilakukan secara optimal karena terbatasnya pilihan, kualitas dan layanan.

Di sisi lain, banyak pelatih, instruktur, mentor dan guru juga memiliki akses terbatas ke calon peserta pelatihan.

Kendala seperti jarak dan waktu kerap dihadapi pelatih untuk mengajar calon peserta didiknya.

"Saya ingin pelatih baik itu olahraga, musik, seni atau budaya punya wadah atau aplikasi yang menaungi semua pelatih privat berbakat di Indonesia untuk melatih masyarakat yang punya concern terhadap waktu, jarak, dan sebagainya. Jadi di rumah pun bisa, tinggal janjian, pelatih datang," ungkapnya.

Pria yang juga sekaligus menjadi orang Indonesia pertama dalam jajaran Council Member ATU ini menambahkan, Prifat juga memberikan kemudahan dan fleksibilitas dalam memilih pelatih dan waktu kegiatan berdasarkan preferensi pribadi termasuk jarak, lokasi, usia, gender, untuk pemula/bukan, berhijab, sesi online/offline dan sebagainya.

Dengan target mengakomodir pelatih, mentor, hingga pemilik tempat tempat latihan olahraga, seni, musik, dan budaya, Prifat mengajak masyarakat di usia 10-60 tahun untuk dapat mengakses aplikasi maupun website ini dan merasakan sendiri manfaatnya.

Selain memudahkan dalam memilih pelatih yang bisa diandalkan, para customer juga bisa berlatih secara online atau offline, di manapun dan kapanpun.

Untuk para pelatih maupun mentor yang kredibel, yang umumnya adalah para ahli di bidangnya, PRIFAT memudahkan dalam hal memperluas jaringan customer, peningkatan pendapatan dan efisiensi waktu mobilitas bertemu calon peserta didik.

Legenda taekwondo Indonesia, Dirc Richard.
Legenda taekwondo Indonesia, Dirc Richard. (DOK. PRIFAT)

Mantan atlet yang dikenal sebagai takwondoin yang kalem tapi garang di atas matras ini sukses menekuni dunia perbankan dan memimpin beberapa perusahaan di Indonesia, termasuk sekarang menekuni di bidang media.

Sekarang, mantan Sekjen Pengurus Besar Taekwondo Indonesia dua periode yang dulu terkenal dengan gerakan yang indah serta speed luar biasa saat berlaga ini, mengaku tidak pernah meninggalkan dan akan terus peduli terhadap dunia olahraga yang telah mengibarkan namanya, mengaku optimis dengan hadirnya Prifat akan memberikan solusi untuk orang-orang yang ingin berlatih secara pribadi di bidang olahraga, seni dan budaya.

Prifat pun akan memberikan peluang penghasilan baru untuk para pelatih. Di sisi lain, banyak pelatih, instruktur, mentor dan guru serta vendor barang perlengkapan latihan juga memiliki akses terbatas ke calon peserta pelatihan.

Prifat merupakan solusi cerdas untuk menambah portofolio mereka serta memberikan peluang penghasilan tambahan yang nyata.

Dirc Richard juga mengatakan bahwa pengembangan Prifat ke depan juga akan mengadakan Mini Competition, Coaching Clinic dan Kegiatan Komunitas.

Prifat akan memiliki Venue sendiri sebagai compound untuk music art dan sport mulai dari kegiatan training, performance bahkan Sport Bar yang terintegrasi.

Berita olahraga lainnya:

Bigetron Era Perkenalkan Coach Susugajah Sebagai Pelatih Terbarunya

Jus Wortel dan Lemon untuk Menurunkan Berat Badan, Manfaat dan Resep

Hasil NBA 2022-2023: James Bawa Lakers Menang, Nets Pecundangi Warriors

Tag

Video

Berita Terkait

MotoGP

Senin, 23 Januari 2023

Luca Marmorini Disinyalir Tengah Buat Mesin V4 untuk Yamaha

Yamaha mengontrak Luca Marmorini untuk mendongkrak tenaga dan kecepatan mesin YZR-M1. Salah satu caranya tentu mengubah konfigurasi mesin.

Badminton

Senin, 23 Januari 2023

Syarat Penukaran E-Voucher Indonesia Masters 2023

PBSI merilis jadwal dan tata cara penukaran e-voucher atau tiket Indonesia Masters 2023 yang akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, pekan ini.

PUBG Mobile

Senin, 23 Januari 2023

Bigetron Red Aliens Resmi Pulangkan uHigh dari Geek Fam

Tepat pada Minggu (22/1/2023) uHigh menjadi pemain pertama yang diungkap melalui akun Twitter Bigetron Esports.

Terbaru

Berita

Jumat, 27 Januari 2023

Undangan Makan Siang Roger Federer Menjadi Kunci Mikaela Shiffrin ke Puncak Ski Alpine Wanita

Mikaela Shiffrin mencatatkan namanya sebagai pemain ski paling sukses dalam sejarah Piala Dunia wanita setelah meraup kemenangan nomor ke-83 dan 84 atas namanya pekan ini.

Berita

Senin, 23 Januari 2023

Legenda Taekwondo Indonesia Turun Tangan, Berlatih Privat Jadi Lebih Mudah

Legenda taekwondo Indonesia, Dirc Richard, berinisiatif membantu para murid latihan privat menemukan pelatih yang tepat lewat aplikasi Prifat.

Berita

Minggu, 22 Januari 2023

Bos Atletik Akan Mengatur Perubahan Partisipasi Transgender

Presiden Atletik Dunia Sebastian Coe mengisyaratkan sikap yang lebih ketat untuk transgender.

Berita

Minggu, 22 Januari 2023

Menpora Maju Jadi Cawaketum PSSI, Ketum PB PODSI Anggap Tidak Etis

Keputusan Menpora mengajukan diri menjadi cawaketum PSSI menuai kritikan dari Ketua Umum PB PODSI, Budiman Setiawan.

Berita

Selasa, 17 Januari 2023

Sah, 36 Cabor Dipertandingkan di SEA Games Kamboja 2023

NOC Indonesia resmi mengumumkan cabang olahraga yang akan dipertandingkan di SEA Games Kamboja 2023.

Berita

Senin, 9 Januari 2023

Bukti Blusukan Paman Birin

Sahbirin Noor Gubernur Kalimantan Selatan tak tergantikan bermain futsal dalam 10 babak.

Berita

Minggu, 8 Januari 2023

Joki Terkuat di Dunia? Wanita Ini Permalukan Pria

Joki Rosie Jessop mempermalukan saingan prianya. Wanita itu mengangkat hampir tiga kali lipat berat badannya.

Berita

Minggu, 8 Januari 2023

Orang Kuat Ukraina Tewas dalam Pertempuran Donetsk

Andrey Dmitriev meninggal di dekat Bakhmut/Artyomovsk. Federasi Orang Kuat Ukraina mengumumkan kematiannya.

Berita

Minggu, 8 Januari 2023

Marcio Freire: Peselancar Veteran Brasil, Anggota 'Mad Dog', Meninggal saat Tunggangi Ombak di Portugal

Dia adalah salah satu dari tiga peselancar yang diabadikan dalam film dokumenter tahun 2016, Mad Dogs, tentang upaya mereka menaklukkan gelombang raksasa yang dikenal sebagai Jaws, di lepas pantai Hawaii.

Berita

Kamis, 5 Januari 2023

Damar Hamlin Bukan Atlet Pro Pertama yang Alami Henti Jantung di Lapangan, Ini 5 Bintang Olahraga Lainnya

Pemain Buffalo Bills, Damar Hamlin, dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis setelah menerima perawatan di lapangan akibat serangan jantung. Safety 24 tahun itu runtuh setelah aksi jegal selama pertandingan pada Senin malam lawan Cincinnati Bengals.
X