Cerita Haru Wilma Margaretha, dari Cita-cita Naik Pesawat hingga Kabar Duka Saat Bertanding

5 Agustus 2022, 11:06 WIB
Penulis: Suryansyah
Editor: Suryansyah
Cerita Wilma Margaretha Sinaga mengenal paracatur sangat unik
Cerita Wilma Margaretha Sinaga mengenal paracatur sangat unik /INASPOC/Agustinus Tri Mulyadi

 

  • Wilma Margaretha ingin belajar paracatur agar bisa naik pesawat terbang.
  • Harapannya terkabul bahkan sampai bosan keliling dunia.
  • Dia kini sudah mempersembahkan tiga emas untuk Indonesia di ASEAN Para Games XI 2022.

SKOR.id - Cerita Wilma Margaretha Sinaga mengenal paracatur sangat unik. Awalnya, hanya ingin belajar paracatur agar bisa naik pesawat terbang. Kini, dia malah keliling dunia mengharumkan nama Indonesia.

Cita-cita naik pesawat ini dimulai ketika Wilma menjadi murid dari Yayasan Pendidikan Tunanetra (Yapentra) di Medan. Kala itu, selain pelajaran reguler, setiap murid wajib mengikuti ekstrakurikuler.

Wilma Margaretha memilih catur sebagai kegiatan ekskul. Wanita kelahiran 23 Februari 1987 ini berharap dari pilihannya menjadi atlet, ia bisa terbang keliling Nusantara menggunakan pesawat.

"Saya jadi atlet itu cuma ingin naik pesawat. Bagaimana sih rasanya naik pesawat, karena teman-teman pada lomba nyanyi, aku tidak bisa nyanyi. Ada lomba matematika, tapi cuma untuk SMP, sedangkan saat itu aku sudah SMA," ucap Wilma, Kamis (4/8/22).

Wilma sempat pasrah ketika melihat teman-temannya bisa naik pesawat karena mengikuti berbagai lomba di luar Sumatera Utara. Namun, pada akhirnya Wilma tak salah memilih catur sebagai ekskul pilihan.

Wilma tak sekadar melampaui jarak terbang rekan-rekannya di Yapentra Medan. Dia sudah berada pada titik dimana dia bosan ketika lama-lama ada di udara.

"Waktu itu sempat bilang sama guru, sepertinya saya tidak akan merasakan naik pesawat nih, tapi ternyata dari olahraga catur ini saya sampai bosan naik pesawat. Bulan lalu saja ke Prancis sampai 16 jam," tutur Wilma.

Wilma gembira ketika kini sudah mempersembahkan tiga emas untuk Indonesia di ASEAN Para Games XI 2022. Tiga emas itu diraih dari kelas individual rapid chess B1 womens, team rapid chess B1 womens serta team standard chess B1 womens.

Raihan emas ini juga menjaga tradisi emas tiap kali mengikuti ASEAN Para Games. Wilma sudah rutin mendapatkan medali emas sejak ASEAN Para Games 2011 lalu.

"Sejak 2011 itu saya selalu dapat emas. Untuk beregu selalu dapat setiap edisi. Sementara untuk yang individual, saya dapat dua kali. Pertama saat 2015 di Singapura dan sekarang di negara sendiri," jelas Wilma.

Suasana Duka
Tak banyak yang tahu jika sebenarnya Wilma melakoni pertandingan di ASEAN Para Games XI 2022 dalam suasana duka. Ibu mertuanya menghembuskan napas terakhir pada Minggu (31/7/22) lalu atau saat pertandingan pertama cabor catur di Lorin Hotel.

Sebelum bertanding, Wilma sempat menemui ibu mertuanya yang terbaring di ruang ICU Rumah Sakit Kasih Ibu. Dalam pertemuan itu, Wilma mendapat doa dari sang ibu agar diberi kesuksesan dalam bertanding.

"Hari Minggu itu main perdana, di waktu yang sama juga ibu meninggal. Saya sempat menangis saat bertanding di catur klasik itu," ucap Wilma.

Kini, Wilma bisa membuat ibu mertuanya tersenyum di Surga karena sudah meraih tiga medali emas. Medali ini masih bisa bertambah karena Wilma akan turun lagi pada kategori blitz chess atau catur kilat.

"Kalau ada peluang kita rebut lagi medali emas untuk Indonesia. Ada rasa deg-degan juga karena baru pertama. Catur cepat yang waktunya lebih lama saja merabanya sudah bagaimana (terbatas), apalagi catur kilat yang waktunya hanya sepuluh menit," beber Wilma.

Catur kilat akan dimainkan dalam enam babak mulai dari Jumat (5/8/22). Untuk kelas yang dilakoni Wilma Margaretha atau klasifikasi B1 diberi waktu bermain 10 menit. Sementara untuk B2/3 dan PI hanya diberi waktu bermain 5 menit.*

ASEAN Para Games 2022: Indonesia Kunci Predikat Juara Umum Cabor Parabulu Tangkis

ASEAN Para Games 2022: Fredy/Alim Persembahkan Medali Emas Kedua Indonesia dari Parabulu Tangkis

 

Tag

Video

Berita Terkait

Liga Inggris

Jumat, 5 Agustus 2022

Profil Klub Liga Inggris 2022-2023: Wolverhampton Wanderers

Berikut ini adalah profil klub Liga Inggris, Wolverhampton Wanderers.

Liga Inggris

Jumat, 5 Agustus 2022

Prediksi Crystal Palace vs Arsenal: The Gunners Belajar dari Kekalahan Musim Lalu

Arsenal gagal mengalahkan Crystal Palace dalam dua pertemuan musim lalu.

Gosip

Jumat, 5 Agustus 2022

Gawat! Hubungan Victoria Beckham dan Sang Menantu Nicola Peltz Semakin Tegang

Desas-desus beredar tentang dugaan jarak antara Victoria Beckham dan menantu perempuannya Nicola Peltz.

Terbaru

Berita

Minggu, 7 Agustus 2022

Ratu Lompat Tinggi Rusia Sebut Presiden IOC Munafik

Ratu lompat tinggi Rusia menyerang bos Olimpiade 'bermuka dua' Mariya Lasitskene kembali menyerang presiden IOC Thomas Bach

Berita

Minggu, 7 Agustus 2022

Logo Xiao Hao Diluncurkan, Pengrov WI Jatim Gelar Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022

Kejuaraan Nasional Wushu Wushu Piala Presiden 2022 akan dilangsungkan di Jawa Timur. Rencananya digelar di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Surabaya, Jawa Timur, 16-22 September 2022.

Berita

Sabtu, 6 Agustus 2022

ASEAN Para Games 2022: Keramahan Masyarakat Solo Terkenang di Hati

Presiden ASEAN Para Sport Federation (APSF), Osoth Bhavilai, memberikan apresiasi terkait penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 di Indonesia.

Berita

Sabtu, 6 Agustus 2022

Garuda Api Raksasa Meriahkan Upacara Penutupan ASEAN Para Games 2022

Upacara penutupan ASEAN Para Games 2022 berlangsung pada Sabtu (6/8/2022) malam di Stadion Manahan.

Berita

Sabtu, 6 Agustus 2022

ASEAN Para Games 2022: Menpora Tegaskan Para Peraih Medali Diganjar Bonus Setara Medalis SEA Games

Kontingen Indonesia memungkasi perjuangan di ASEAN Para Games 2022 dengan menjadi juara umum.

Berita

Sabtu, 6 Agustus 2022

ASEAN Para Games 2022: 5 Cabor Bakal Dievaluasi

Evaluasi, menurut Chandra Bhakti akan difokuskan khususnya untuk cabang-cabang paralimpik yang dipertandingan di ASEAN Para Games ini. Ada lima cabornya, yakni renang, para-atletik, para-badminton, para-tenis meja, dan angkat berat.

Berita

Sabtu, 6 Agustus 2022

ASEAN Para Games 2022: Sukses Indonesia Menuai Apresiasi

erja keras Indonesia menyelenggarakan ASEAN Para Games Solo 2022 membuahkan apresiasi dari 10 negara peserta. Mereka puas mengikuti event olahraga penyandang disabilitas dua tahunan yang kali ini dipusatkan di Solo.

Berita

Sabtu, 6 Agustus 2022

Menpora Zainudin Amali: Semua Negara Peserta ASEAN Para Games 2022 Memuji Indonesia

Menpora RI, Zainudin Amali, menyebut jika semua negara peserta ASEAN Para Games 2022 memuji Indonesia.

Berita

Jumat, 5 Agustus 2022

CdM Indonesia: Resmi, Kita Juara Umum ASEAN Para Games 2022

CdM Indonesia, Andi Herman, menyampaikan bahwa berdasarkan perhitungan medali, Indonesia adalah juara umum ASEAN Para Games 2022.

Berita

Jumat, 5 Agustus 2022

Cerita Haru Wilma Margaretha, dari Cita-cita Naik Pesawat hingga Kabar Duka Saat Bertanding

Cerita Wilma Margaretha Sinaga mengenal paracatur sangat unik. Awalnya, hanya ingin belajar paracatur agar bisa naik pesawat terbang.
X