Bangun Sinergitas, Bank bjb Dukung Ketahanan Pangan Nasional

23 September 2022, 17:50 WIB
Penulis: Doddy Wiratama
Editor: Doddy Wiratama
Bank bjb mendukung program ketahanan pangan nasional, sebagai langkah konkret mengatasi ancaman potensi krisis pangan dunia.
Bank bjb mendukung program ketahanan pangan nasional, sebagai langkah konkret mengatasi ancaman potensi krisis pangan dunia. /dok. bank bjb

  • Bank bjb mendukung program ketahanan pangan nasional, sebagai langkah konkret mengatasi ancaman potensi krisis pangan dunia.
  • Pada 29 Agustus 2022 lalu, bank bjb bersama delapan lembaga keuangan lainnya melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan (BPPSDM) Kementan.
  • Bank bjb meraih penghargaan dari Kementan karena telah mendukung laju perekonomian daerah salah satunya melalui pembiayaan sektor pertanian.

SKOR.id - Bank bjb mendukung program ketahanan pangan nasional, sebagai langkah konkret mengatasi ancaman potensi krisis pangan dunia. bank bjb mendorong terbangunnya sinergitas antarpihak sebagai upaya bersama menjaga ketahanan pangan nasional.

Badan Pangan Dunia (FAO) menyebutkan, pada tahun ini negara-negara di dunia berpotensi menghadapi krisis pangan. Penyebabnya dampak perang Rusia-Ukraina yang mengganggu pasokan beberapa kebutuhan pokok global. Juga akibat perubahan iklim yang berdampak pada siklus ketersediaan bahan pangan. 

Potensi atas terjadinya krisis pangan dunia telah menyebabkan banyak negara memperketat ekspor pangan. Banyak negara menerapkan imunitas internal menjaga agar suplai pangan di negaranya terjamin. Tercatat lebih dari 40 negara yang telah membatasi ekspor komoditi pangan.

Pengetatan ekspor pangan membuat beberapa negara yang mengandalkan impor bahan baku pangan mengalami persoalan suplai. Barang semakin sulit dicari dan harga terus melambung.

Indonesia sebagai negara agraris, mestinya bisa menekan potensi krisis pangan ini. Namun untuk meminimalisir dampak krisis pangan, perlu upaya nyata semua pihak, berkolaborasi menggerakkan sektor pertanian, peternakan, perkebunan, dan turunannya. Memfasilitasi agar sektor pangan ini bisa terus berkembang dan maju.

Bank bjb, sebagai salah satu bank pembangunan yang memiliki tanggungjawab memajukan bangsa, juga ikut serta mendorong ketahanan pangan nasional, melalui sektor perbankan. Komitmen bank bjb diantaranya memberikan pembiayaan bagi para petani. Kemudian melakukan pendampingan klaster pertanian hingga mendukung program pertanian yang saat ini gencar digaungkan Pemprov Jawa Barat dan pemerintah pusat.

Terakhir, pada 29 Agustus 2022 lalu, bank bjb bersama delapan lembaga keuangan lainnya melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Kerja sama ini terkait  penyediaan kredit untuk mendukung petani binaan Kementerian Pertanian. 

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan di hadapan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam acara Sarasehan Petani, Kelompok Petani dan Penyuluh, di Bumi Perkemahan Ragunan Jakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kementan meregenerasi petani serta wirausaha muda di sektor pertanian dalam mendukung upaya penguatan ketahanan pangan nasional

Kerja sama bank bjb dengan BPPSDM Kementan untuk para petani binaan Kementerian Pertanian akan dilakukan di 4 wilayah pilot project yaitu Kabupaten Subang, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Tasikmalaya. Di mana para petani yang membutuhkan akses pembiayaan akan diarahkan untuk mengajukan kredit ke bank bjb.

Tak hanya itu, bank bjb juga secara aktif terus menggenjot penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pola kemitraan. Pola penyaluran KUR ini berbeda, di mana pola kemitraan lebih ditonjolkan agar hubungan kolaboratif antara bank bjb dan debitur kelompok bisa lebih maksimal dan memberi dampak yang lebih luas. 

Pada Selasa, 13 September 2022 lalu, bank bjb menyaksikan langsung pembukaan Toko Daging Sedulur 99 yang merupakan mitra KUR bank bjb. Di mana, PT Tujuh Belas Per Tiga Enam sudah menjalin kerja sama dengan bank bjb Cabang Cibinong dalam penyaluran KUR pola kemitraan ini. Selain mempunyai usaha dibidang peternakan dan perdagangan sapi potong, juga mempunyai beberapa toko daging serta memasok kebutuhan pedagang bakso di Indramayu, yang sudah bermitra dengan sekitar 700 mitra pedagang bakso.

Bagi bank bjb, dukungan ini adalah komitmen perusahaan untuk mendukung ketahanan pangan dengan menjalankan usaha dari hulu ke hilir. Bisnis ini sendiri terkait dengan banyak sektor, mulai dari peternak daging, petani, hingga pedagang bakso yang bersentuhan langsung dengan konsumen barang jadi (hilir).

Diketahui, bank bjb terus memperkuat pola kemitraan dalam membantu pengembangan bisnis pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Pola kemitraan yang dibangun bank bjb didasarkan atas prinsip saling memerlukan, mempercayai, memperkuat, dan menguntungkan. Pola kemitraan ini berlaku bagi usaha perorangan dan juga kelompok atau komunitas.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, bank bjb selalu memposisikan nasabah sebagai mitra penting. Di mana, bank bjb sebagai pemberi modal usaha melakukan kerja sama dengan perusahaan mitra dalam hal penyaluran kredit UMKM kepada mitra binaan. Perusahaan mitra dapat berupa perseroan terbatas, yayasan, koperasi, CV, Badan Usaha Milik Desa (BUMD) hingga perorangan.

“Pola kemitraan ini merupakan langkah strategis untuk menjalin kerja sama dengan pihak ketiga yang dapat bersinergi meningkatkan portofolio kredit UMKM, serta penciptaan ekosistem baru dalam penyaluran kredit UMKM. Tujuannya, untuk mendapatkan peluang pasar dan target market yang lebih efektif dan efisien,” katanya.

Program pola kemitraan ini memberikan kemudahan akses pembiayaan pelaku UMKM yang merupakan mitra binaan perusahaan offtaker. Di mana mereka telah memiliki ekosistem bisnis yang biasanya memiliki komitmen maju bersama.

Pola kemitraan yang dikembangkan bank bjb dalam menyalurkan pembiayaan, juga sejalan dengan inovasi program pemerintah dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Seperti dikolaborasikan dengan program One Pesantren One Product (OPOP), petani millenial, One Village One Company (OVOC), hingga Kredit bjb Mesra.

Program petani milenial sendiri adalah langkah konkret pemerintah dalam menciptakan ketahanan pangan kedepan. Di mana, generasi muda didorong mau mengelola sektor pertanian. Selain memiliki potensi besar secara ekonomi, petani milenial juga menciptakan lapangan kerja.

Raih Penghargaan Kementan

Upaya konkret bank bjb mendukung ketahanan pangan nasional mendapat apresiasi dari pemerintah. bank bjb meraih penghargaan dari Kementerian Pertanian RI karena telah mendukung laju perekonomian daerah salah satunya melalui pembiayaan sektor pertanian.

Penghargaan kepada bank bjb diberikan pada Rabu, 17 Agustus 2022 bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia. Pada kesempatan itu, juga diundang ke Istana Negara kelompok Tani Sariasih Petani Milenial yang merupakan binaan UMKM bank bjb.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan bank bjb setia mendukung sektor pertanian karena merupakan salah satu sektor yang sangat penting, terutama dalam menjaga ketahanan pangan. bank bjb mendukung sektor pertanian melalui pembiayaan dengan pola kemitraan yang menguntungkan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan  para pelaku di sektor pertanian. (Advetorial)

Baca Juga Berita Lainnya:

Buka Rekening Bank bjb Bisa Dapat Tiket Nonton Solo Batik Music Festival

Bank bjb Manjakan Nasabah dengan Konser Westlife The Wild Dreams Tour 2022

Tag

Video

Berita Terkait

Lain - lain

Rabu, 7 September 2022

Calon Pensiunan PNS Wilayah Jakarta Dibekali dengan Ilmu Kewirausahaan oleh Bank bjb

Kegiatan itu adalah bentuk kepedulian kepada para abdi negara yang akan memasuki masa purna bakti.

Lain - lain

Jumat, 9 September 2022

Bank bjb Raih Top Bank in KBMI 2 di Ajang Indonesia Banking Summit 2022

Berkat digitalisasi, kinerja bisnis bank bjb semakin baik. Selain itu, nasabah semakin mudah dalam bertransaksi.

Lain - lain

Sabtu, 10 September 2022

Ayo Ikutan YEZ 2.0 by Bank bjb, Dapatkan Modal Usaha untuk Tingkatkan Bisnis

Pemenang YEZ 2.0 by Bank bjb akan mendapatkan investasi dari bjb untuk modal usahanya.

Terbaru

Lain - lain

Kamis, 29 September 2022

Masuk LIV International Series, Hadiah Turnamen Golf Indonesia Masters Naik Dua Kali Lipat

Hadiah Indonesia Masters naik dua kali lipat tahun ini. Hal tersebut karena ajang ini masuk kalender LIV International Series

Lain - lain

Kamis, 29 September 2022

Dukung Gerakan Anti Korupsi, Bank bjb Ikut Tandatangani Pakta Integritas dengan BPDPKS

Bank bjb ikut serta menandatangani Pakta Integritas dengan BPDPKS untuk mendukung terjalinnya iklim bisnis yang baik.

Lain - lain

Kamis, 29 September 2022

Jadwal Siaran Langsung Olahraga di TV Hari Ini

Berikut ini adalah jadwal siaran langsung olahraga di TV, Kamis (29/9/2022) hingga Jumat dini hari WIB.

Berita

Kamis, 29 September 2022

Mo Farah Kecewa Mundur dari London Maraton

keluar dari London Marathon setelah gagal pulih dari cedera pinggul dalam pukulan besar ... tapi bersumpah dia akan kembali

Berita

Rabu, 28 September 2022

Bank bjb Raih Penghargaan Top 100 Most Valuable Brands 2022

Bank bjb meraih penghargaan sebagai brands dengan nilai terbaik pada 2022.

Lain - lain

Rabu, 28 September 2022

Daftar Juara Divisi Utama Livoli, Wakil Surabaya Mendominasi

Dua tim asal Surabaya mendominasi kompetisi Livoli Divisi Utama, yakni Surabaya Ssamator untuk kategori putra dan Surabaya Bank Jatim untuk kategori putri.

Lain - lain

Rabu, 28 September 2022

Presiden IFSC Beri Saran Indonesia untuk Tingkatkan Disiplin Lead dan Boulder

Presiden IFSC ingin Indonesia meningkatkan prestasi panjat tebing di nomor lead dan boulder.

Lain - lain

Rabu, 28 September 2022

Jadi Cabang Tetap di Olimpiade 2028, Panjat Tebing Ingin Perebutkan 6 Emas

IFSC ingin panjat tebing sudah memisahkan tiga disiplin pertandingan pada Olimpiade 2028.

Berita

Rabu, 28 September 2022

Remco Evenepoel Bikin Bangga Belgia, Raih Gelar La Vuelta a Espana dan Juara Dunia UCI Road dalam Dua Minggu

Remco Evenepoel meraih dua penghargaan utama tahun ini usai memenangkan La Vuelta a EspaƱa - salah satu dari tiga tur besar, balapan bersepeda paling bergengsi - dan Kejuaraan Dunia Jalan UCI di Australia.

Lain - lain

Rabu, 28 September 2022

IFSC Kembali Tunjuk Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Panjat Tebing 2023

Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia Panjat Tebing pada tahun depan.

Terpopuler Satu Pekan

Keyword Populer

Sepak Pojok

X