Atlet Panjat Tebing Indonesia Dominasi Podium IFSC 2022, Yenny Wahid: Bukti Konsisten FPTI

11 Mei 2022, 23:09 WIB
Penulis: Suryansyah
Editor: Suryansyah
Atlet panjat tebing Indonesia menguasai podium Climbing World Cup IFSC 2022 kategori men's speed yang diikuti oleh 25 negara.
Atlet panjat tebing Indonesia menguasai podium Climbing World Cup IFSC 2022 kategori men's speed yang diikuti oleh 25 negara. /dok fpti

SKOR.id - Empat atlet Indonesia masuk lima besar hasil akhir Climbing World Cup IFSC 2022 kategori men's speed yang diikuti oleh 25 negara. Bahkan tiga di antaranya menguasai podium.

Veddriq Leonardo, Kiromal Katibin, Rahmad Adi Mulyono, dan Zaenal Aripin melaju ke final. Alhasil, Veddriq Leonardo, Kiromal Katibin, dan Rahmad Adi Mulyono berurutan di podium.

"Alhamdulillah bendera Indonesia berkibar di 3 podium, juara 1, 2, dan 3. Ini hasil yang luar biasa. Baru kali ini Indonesia menyapu bersih di kategori men’s speed. Ini juga menunjukkan bahwa kami konsisten mendampingi atlet panjat Indonesia demi kejayaan olah raga kita,”ungkap Yenny Wahid, Ketua Umum FPTI.

Yenny Wahid juga menyampaikan Veddriq Leonardo berhasil keluar sebagai pemenang setelah mengungguli rekan senegaranya, Kiromal Katibin, pada babak final men's speed.

Atas raihan tersebut, Veddriq berhak mendapatkan medali emas dalam turnamen yang diselenggarakan pada 6-8 Mei 2022 di Seoul, Korea Selatan.

Sementara itu, Kiromal Katibin yang sempat memecahkan rekor dunia men's speed mengalami false start pada babak final sehingga hanya bisa mendapatkan medali perak. Adapun Rahmad Adi Mulyono unggul atas atlet Italia, Ludovico Fossali. Kala itu, Rahmad menang setelah lawan jatuh (fall) dan gagal mencapai top.

Selain itu, atlet Indonesia lain juga mendapat raihan positif dalam turnamen tersebut, seperti Rahmad Adi medali perunggu untuk kategori speed pria, rangking 5 untuk Zaenal Aripin dalam kategori speed pria dan terakhir rangking 5 untuk Rajiah Salsabillah dalam kategori speed wanita.

Sebelum memenuhi podium, atlet-atlet Indonesia sudah memenuhi slot 16 besar. Dari 16 slot yang ada, tujuh di antaranya merupakan atlet Indonesia.

Senada dengan Yenny, Wakapolri Komjen. Pol. Gatot Eddy Pramono selaku Dewan Pembina FPTI menyampaikan bahwa Tim Nasional Kali ini masih fokus di kategori speed World Record sebagai keunggulan Indonesia.

“Target kami bendera Indonesia bisa berkibar di podium Olimpiade Paris 2024. Menuju kesana, World Cup 2022 yang akan diseleggarakan di Jakarta dan World Cup 2023 secara konsisten menjadi prioritas batu loncatan FPTI. Sebagai Wakapolri sekaligus Dewan Pembina FPTI, saya mendukung anak-anak muda ini mengibarkan Merah Putih di laga internasional,”ungkap Komjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Dalam turnamen tersebut, FPTI mengirim 13 atlet. Ketua Delegasi Rahmad Sopian dan pelatih Hendra Basri yang sudah menangani pelatnas FPTI sejak beberapa tahun terakhir, termasuk ketika 2021 memecahkan rekor speed World Record di Salt Lake City, Utah Amerika Serikat.

Sebagai informasi, ada tiga kategori utama dalam kompetisi panjat tebing yaitu speed, boulder, dan lead. Kategori speed diukur berdasarkan kecepatan, sedangkan boulder lebih ke teknik. Adapun lead, pemenangnya diukur dari capaian panjatan tertinggi ditambah dengan durasi waktu paling sedikit. []

Pecahkan Rekor Dunia
Meski mendapat medali perak, Kiromal Katibin sempat memecahkan rekor tercepat di dunia untuk kategori men's speed dalam turnamen Climbing World Cup IFSC 2022 kategori men's speed, Jumat di Seoul, Korea Selatan (6/5/2022).
Saat itu catatan waktu Kiromal Katibin dalam memanjat dinding setinggi 15 meter hanya 5,17 detik. Dia berhasil memecahkan rekor pada sesi kedua kualifikasi World Cup International Sport Climbing (IFSC) 2022 di Seoul, Korea Selatan.

Catatan waktu tersebut lebih sedikit dengan pemegang rekor sebelumnya yang juga atlet asal Indonesia, Leonardo Veddriq. Sebelumnya, catatan rekor Leonardo Veddriq dengan waktu 5,208 detik dipecahkan saat turnamen di Utah, Amerika Serikat. *

Berita panjat tebing lainnya:

Atlet Panjat Tebing Indonesia Pecahkan Rekor Dunia di Seoul

Jakarta Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Panjat Tebing Indonesia 2022

Wawancara Eksklusif Yenny Wahid: Prestasi Panjat Tebing Indonesia Tidak Main-main

 

Tag

Video

Berita Terkait

Bugar

Rabu, 11 Mei 2022

7 Minuman yang Berguna untuk Menurunkan Tekanan Darah

Setidaknya ada tujuh minuman yang dapat menjadi pilihan untuk menurunkan tekanan darah.

Lain - lain

Rabu, 11 Mei 2022

SEA Games 2021: Kemenpora dan CdM Apresiasi Peraih Emas Pertama Indonesia

Kakan Rusman dan Ardi Isadi menjadi penyumbang medali emas pertama kontingen Indonesia pada SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam.

Bola Internasional

Rabu, 11 Mei 2022

Lionel Messi Jadi Duta Pariwisata Arab Saudi, Aktivis HAM Geram, Fans pun Kecewa

Lionel Messi telah menjadi duta pariwisata Arab Saudi. melakukan perjalanan ke Laut Merah setelah diberi cuti beberapa hari oleh klub PSG.

Terbaru

Berita

Sabtu, 4 Februari 2023

Gareth Bale Bersinar dalam Debut Tur PGA 23 Hari Setelah Pensiun dari Sepak Bola

Gareth Bale memamerkan keahliannya yang luar biasa di awal yang cerah untuk karir golfnya.

Berita

Jumat, 27 Januari 2023

Undangan Makan Siang Roger Federer Menjadi Kunci Mikaela Shiffrin ke Puncak Ski Alpine Wanita

Mikaela Shiffrin mencatatkan namanya sebagai pemain ski paling sukses dalam sejarah Piala Dunia wanita setelah meraup kemenangan nomor ke-83 dan 84 atas namanya pekan ini.

Berita

Senin, 23 Januari 2023

Legenda Taekwondo Indonesia Turun Tangan, Berlatih Privat Jadi Lebih Mudah

Legenda taekwondo Indonesia, Dirc Richard, berinisiatif membantu para murid latihan privat menemukan pelatih yang tepat lewat aplikasi Prifat.

Berita

Minggu, 22 Januari 2023

Bos Atletik Akan Mengatur Perubahan Partisipasi Transgender

Presiden Atletik Dunia Sebastian Coe mengisyaratkan sikap yang lebih ketat untuk transgender.

Berita

Minggu, 22 Januari 2023

Menpora Maju Jadi Cawaketum PSSI, Ketum PB PODSI Anggap Tidak Etis

Keputusan Menpora mengajukan diri menjadi cawaketum PSSI menuai kritikan dari Ketua Umum PB PODSI, Budiman Setiawan.

Berita

Selasa, 17 Januari 2023

Sah, 36 Cabor Dipertandingkan di SEA Games Kamboja 2023

NOC Indonesia resmi mengumumkan cabang olahraga yang akan dipertandingkan di SEA Games Kamboja 2023.

Berita

Senin, 9 Januari 2023

Bukti Blusukan Paman Birin

Sahbirin Noor Gubernur Kalimantan Selatan tak tergantikan bermain futsal dalam 10 babak.

Berita

Minggu, 8 Januari 2023

Joki Terkuat di Dunia? Wanita Ini Permalukan Pria

Joki Rosie Jessop mempermalukan saingan prianya. Wanita itu mengangkat hampir tiga kali lipat berat badannya.

Berita

Minggu, 8 Januari 2023

Orang Kuat Ukraina Tewas dalam Pertempuran Donetsk

Andrey Dmitriev meninggal di dekat Bakhmut/Artyomovsk. Federasi Orang Kuat Ukraina mengumumkan kematiannya.

Berita

Minggu, 8 Januari 2023

Marcio Freire: Peselancar Veteran Brasil, Anggota 'Mad Dog', Meninggal saat Tunggangi Ombak di Portugal

Dia adalah salah satu dari tiga peselancar yang diabadikan dalam film dokumenter tahun 2016, Mad Dogs, tentang upaya mereka menaklukkan gelombang raksasa yang dikenal sebagai Jaws, di lepas pantai Hawaii.

Terpopuler Satu Pekan

Keyword Populer

Sepak Pojok

X