5 Tips Diet Sehat Selama Bulan Ramadan

7 April 2021, 17:00 WIB
Penulis: Any Hidayati
Editor: Doddy Wiratama
Cover artikel Skortips. /Grafis: Yusuf/Skor.id

  • Menerapkan diet selama beribada puasa di bulan Ramadan bukanlah hal yang mustahil.
  • Menjaga pola makan dengan perbanyak serat dan protein hingga air putih menjadi salah satunya.
  • Menjaga jam tidur juga penting agar diet dan ibadah berjalan beriringan.

SKOR.id - Berpuasa selama 30 hari penuh pada bulan Ramadan sembari tetap melakukan diet adalah hal yang sangat mungkin dilakukan.

Namun, menerapkan diet atau aturan makan khusus selama berpuasa pada bulan Ramadan harus mendapat perhatian khusus.

Bagaimana tidak? Selama belasan jam dalam sehari, tubuh kita tak akan mendapat asupan makanan maupun minuman.

Jika asupan gizi tak terpenuhi, tentu akan berdampak pada tubuh dan bisa jadi akan memengaruhi kekhusyukan dalam beribadah.

Masalah lain yang mungkin timbul adalah pola makan menjadi berantakan karena kalap ingin mengonsumsi apa saja setelah belasan jam berpuasa.

Lantas, bagaimana cara diet yang baik selama bulan Ramadan? Simak lima tips yang dilansir Skor.id dari halodoc.com berikut ini:

1. Perbanyak Serat dan Protein

Baik saat sahur maupun buka puasa, konsumsilah makanan yang mengandung serat dan protein tinggi.

Makanan dengan serat dan protein tinggi akan membantu menekan nafsu makan saat berbuka puasa sehingga proses diet akan terjaga.

Hindari makan berkalori tinggi atau gorengan karena justru akan membuat berat badan lebih mudah naik.

Protein adalah salah satu zat yang diperlukan untuk memenuhi asupan gizi dalam tubuh dan telur adalah salah satu makanan yang mengandung protein.
Protein adalah salah satu zat yang diperlukan untuk memenuhi asupan gizi dalam tubuh dan telur adalah salah satu makanan yang mengandung protein. (pixabay.com)

2. Batasi Makanan dan Minuman Manis

Aneka rupa takjil yang mengandung banyak gula memang cukup menggoda untuk dijadikan sajian berbuka puasa.

Hadirnya berbagai varian camilan berbuka puasa di bulan Ramadan acap kali membuat banyak orang kalap.

Membatasi konsumsi makanan dan minuman dengan kandungan gula berlebih tentu harus dilakukan sebagai upaya untuk menjaga program diet.

3. Makan Berbuka Secukupnya

Seharian berpuasa tanpa asupan makanan dan minuman sering membuat banyak orang melampiaskan hasrat mereka ketika waktu berbuka tiba.

Ubahlah mindset 'balas dendam' setelah berpuasa seharian dengan 'makanlah secukupnya'. Sehingga ibadah malam tetap jalan dan diet pun terus di koridor yang benar.

Begitu juga ketika sahur, ubah pola pikir 'menimbun makanan' untuk amunisi menjalani puasa seharian dengan makanlah secukupnya.

4. Konsumsi Banyak Air Putih

Mengonsumsi delapan gelas air mineral per hari sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan menghindari dehidrasi.
Mengonsumsi delapan gelas air mineral per hari sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan menghindari dehidrasi. (pixabay.com)

Berpuasa bukan berarti program delapan gelar air putih dalam sehari harus dilupakan. Sebab, kebutuhan cairan akan terganggu jika konsumsi air berkurang selama Ramadan.

Gunakan rumus 2-2-2-2 yang artinya dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka puasa, dua gelas setelah salat Tarawih, dan dua gelas sebelum tidur.

Trik ini akan membantu menyeimbangkan kebutuhan air dalam tubuh serta meningkatkan metabolisme yang berpengaruh dalam pembakaran lemak.

5. Istirahat Cukup

Meski tak ada kaitan langsung dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi, istirahat cukup juga menjadi kunci sukses diet selama Ramadan.

Apalagi, jam tidur selama bulan Ramadan pasti akan disesuaikan mengingat kita harus bangun dini hari untuk makan sahur.

Kurang tidur selama berpuasa justru akan mengacaukan metabolisme tubuh serta meningkatkan nafsu makan.

Ikuti juga InstagramFacebook, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita Skortips Lainnya:

Tips: Memulai 5 Rutinitas Sehat Jelang Bulan Ramadan, Agar Berat Badan Tak Mengembang!

Tips: 5 Jenis Asupan Gizi yang Diperlukan Tubuh Setiap Hari

  • Sumber: halodoc.com
  • Tag

    Video

    Komentar

    Berita Terkait

    Olahraga Lain

    Selasa, 23 Februari 2021

    Tips: 5 Gerakan Efektif untuk Mengencangkan Otot Kaki

    Gerakan memperkuat otot kaki ini meliputi mengencangkan betis, paha depan, dan paha belakang.

    Bugar

    Rabu, 17 Maret 2021

    Tips: 5 Gerakan Olahraga untuk Mengecilkan Paha dan Betis

    Lari dan naik turun tangga menjadi contoh olahraga praktis untuk mengecilkan paha dan betis.

    Terbaru

    Olahraga Lain

    Senin, 12 April 2021

    PB PABSI Lepas 7 Lifter untuk Berburu Tiket Olimpiade di Kejuraan Asia 2021

    PB PABSI melepas tujuh lifter ke Kejuaraan Asia 2021 di Tashkent, Uzbekistan, 18-25 April.

    Olahraga Lain

    Senin, 12 April 2021

    Soal Polemik Eko Yuli dan PB PABSI, Ini Respons Kemenpora

    Sesmenpora Gatot S Dewo Broto mengaku belum tahu perihal surat terbaru dari PB PABSI untuk Eko Yuli.

    Olahraga Lain

    Senin, 12 April 2021

    Polemik dengan PB PABSI, Eko Yuli Berharap Bantuan Kemenpora dan NOC Indonesia

    Eko Yuli Irawan belum mau berkomentar banyak soal polemik dengan PB PABSI jelang Olimpiade 2020 Tokyo.

    Olahraga Lain

    Senin, 12 April 2021

    Soal Event Olahraga dengan Penonton Terbatas, Menpora Tak Ingin Gegabah Beri Rekomendasi

    Menpora Zainudin Amali mengaku belum mau memberi rekomendasi soal kegiatan olahraga dengan penonton.

    Olahraga Lain

    Senin, 12 April 2021

    Pegolf Jepang Hideki Matsuyama Catat Sejarah Usai Juara Masters

    Pegolf asal Jepang, Hideki Matsuyama, mencatat sejarah dengan memenangi turnamen golf Masters 2021.

    Olahraga Lain

    Senin, 12 April 2021

    Jadwal Siaran Langsung Olahraga di TV Hari Senin (12/4/2021)

    Berikut ini adalah jadwal siaran langsung olahraga di TV untuk hari Senin (12/4/2021) hingga Selasa dini hari WIB.

    Olahraga Lain

    Minggu, 11 April 2021

    Jelang Olimpiade, Jepang Berencana Booking 300 Hotel untuk Karantina Covid-19

    Lokasi hotel isolasi itu hanya beberapa kilometer dari Kampung Olimpiade di Distrik Harumi.

    Olahraga Lain

    Sabtu, 10 April 2021

    Cina Gelar Lomba Marathon dengan 12 Ribu Peserta, Hari Ini (10/4/2021)

    Meski pandemi belum sepenuhnya mereda, Cina gelar Xiamen Marathon dengan 12 ribu peserta, hari ini.

    Olahraga Lain

    Sabtu, 10 April 2021

    5 Kisah El Clasico Selain Real Madrid vs Barcelona, Muncul di F1 Hingga Mobile Legend

    Partai besar akan tersaji saat Real Madrid dan Barcelona saling berhadapan dalam lanjutan pekan ke-30 Liga Spanyol.

    Olahraga Lain

    Sabtu, 10 April 2021

    Sir Alex Ferguson Jadi Panutan Menpora Soal Implementasi Sport Science

    Zainudin Amali meyakini bahwa sport science akan menjaring banyak bakat seperti yang dilakukan Sir Alex Ferguson di MU.
    X